PERAN KEPEMIMPINAN: Counseling, Coaching, dan Mentoring (Bagian 3 – Habis)

Posted by Administrator, Category Human Resource Management

PERAN KEPEMIMPINAN: Counseling, Coaching, dan Mentoring (Bagian 3 – Habis)

Di era yang makin maju seperti sekarang ini, para pemimpin dituntut untuk lebih mengembangkan kapasitasnya, sehingga dapat juga menjalankan fungsi counseling,coaching, dan mentoring terhadap tim yang dipimpinnya. Dengan demikian, hasil yang dicapai dalam pengembang tim akan signifikan sebagai bagian ari konsep motivational leadership. Inilah tiga kemampuan lain yang mesti dikuasai oleh seorang leader.

Mentoring. Mentor adalah seseorang yang pernah mencapai tingkat tertentu dalam bidangnya, sehingga dia bisa membagikan rahasia keberhasilannya kepada orang-orang di sekelilingnya. Jika saat ini Anda sudah menduduki jabatan sebagai direktur atau manajer accounting, maka tugas Anda adalah membawa mereka yang Anda pimpin untuk mencapai titik dimana Anda berada sekarang. Sebagai seorang pakar accounting Anda pasti mengetahui seluk-beluk dunia accounting termasuk kendala-kendala berat yang dihadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya, strategi mana yang harus dijalankan dan paling efektif dan sebagainya.

Anda memberitahu kepada orang-orang yang Anda pimpin tentang apa keuntungannya bila Anda menduduki jabatan itu karena Anda sudah melewati jalan yang berliku untuk mencapai jabatan itu. Anda mempunyai pengalaman yang belum diketahui oleh orang-orang di sekeliling anda. Pengalaman inilah yang bisa menginspirasi mereka sehingga mereka akan bersemangat dalam bekerja. Mereka akan termotivasi untuk berusaha meningkatkan kinerja dan bersaing secara sehat.

Para pemimpin yang berperan sebagai mentor perlu memastikan bahwa orang-orang yang dipimpinnya mendapatkan contoh-contoh yang riil bukan imajinasi semata. Mereka akan menjadikan pemimpin sebagai role model dalam mencapai karir puncaknya walaupun pasti terdapat berbedaan tantangan dan waktu yang tidak sama. Namun strageti dan daya juang dari pemimpinnya itulah yang perlu dijadikan contoh dan model. Mereka akan mencontoh bagaimana mencari solusi-solusi alternative terhadap semua masalah yang timbul terkait dengan bidangnya, menetapkan skala prioritas penyelesaian masalah, membuat perencanaan yang matang dan applicable, meciptakan visi yang tajam dan sebagainya. Keterlibatan Anda dalam memantau dan menampingi mereka dalam upaya mencapai karir puncaknya juga sangat dibutuhkan oleh mereka. (sumber: Motivational Leadership; 2015; Haryanto Kandani)