CUSTOMER FOCUS (Bagian 2)

Posted by Administrator, Category Quality Management

CUSTOMER FOCUS (Bagian 2) Customer Focus adalah sebuah strategi yang dibuat oleh perusahaan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan / konsumen / nasabah / pembeli agar mereka menjadi loyal. Kebijakan atau strategi sudah tentu menginginkan terjadinya hubungan yang berkelanjutan antara produsen atau penyedia jasa dan pengguna jasa dalam hal ini pelanggan, konsumen atau nasabah. Keberadaan konsumen atau pelanggan akan sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan itu. Bagaimana mungkin sebuah perusahaan bisa bertahan hidup tanpa pelanggan atau pengguna jasanya. Perusahaan pasti akan gulung tikar alias bangkrut dan bisa mem-PHK semua karyawan. Negara maju seperti Singapura bisa mencukupi negara dan rakyatnya dengan pendapatan negara yang hampir 70% dihasilkan dari sektor jasa. Oleh karena itu, negara ini tidak ingin membuat kecewa kepada siapa saja yang berkunjung kesana baik dalam rangka bisnis atau wisata. Bahkan pemerintah menanamkan nilai-nilai budaya kebaikan kepada rakyatnya sehingga siapapun yang masuk ke negaranya akan dijamin aman dari kejahatan dan gangguan lain seperti barang-barangnya akan hilang bila tertinggal di suatu tempat. Intinya bahwa konsep memuaskan pelanggan atau pengguna jasa adalah menjadi kunci dari keberhasilan usaha bidang jasa seperti keuangan, pariwisata, hotel, dll. Dalam konsep pelayanan prima (Excellent Service) ada 5C yang harus menjadi pegangan bagi siapa saja yang pekerjaannya berkaitan langsung dengan pelanggan atau nasabah; yaitu: 1. Clean (Bersih) 2. Careful (Penuh Perhatian) 3. Charming (Penuh Simpatik) 4. Cheer (Gembira / Senang) 5. Chummy (Akrab / Bersahabat)